Senin, 11 Mei 2015

Pengertian C1-C6 dalam Ranah Kognitif

Ranah Kognitif
Tujuan kognitif atau Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak).
Menurut Bloom, segala upaya yang menyangkut aktifitas otak adalah termasuk dalam ranah
kognitif. Dalam ranah kognitif itu terdapat enam jenjang proses berfikir, mulai dari jenjang
terendah sampai jenjang yang tertinggi.yang meliputi 6 tingkatan:

1.       Pengetahuan (Knowledge), yang disebut C1
                        Menekan pada proses mental dalam mengingat dan mengungkapkan kembali informasiinformasi yang telah siswa peroleh secara tepat sesuai dengan apa yang telah mereka peroleh sebelumnya. Informasi yang dimaksud berkaitan dengan simbol-simbol
          matematika, terminologi dan peristilahan, fakta-fakta, keterampilan dan prinsip-prinsip
          Contoh: Sebutkan contoh-contoh dari bilangan rasional dan irrasional.

2.       Pemahaman (Comprehension), yang disebut C2
                        Tingkatan yang paling rendah dalam aspek kognisi yang berhubungan dengan penguasaan
          atau mengerti tentang sesuatu. Dalam tingkatan ini siswa diharapkan mampu memahami
          ide-ide matematika bila mereka dapat menggunakan beberapa kaidah yang relevan tanpa
          perlu menghubungkannya dengan ide-ide lain dengan segala implikasinya.
          Contoh : Jelaskan pengertian dari bilangan rasional dan irrasional.

3.       Penerapan (Aplication), yang disebut C3
                        Kemampuan kognisi yang mengharapkan siswa mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka berkenaan dengan sebuah abstraksi matematika melalui penggunaannya secara tepat ketika mereka diminta untuk itu.
          Contoh: Tentukan nilai dari 18+72-8 = ………

4.       Analisis (Analysis), yang disebut C4
                        Kemampuan untuk memilah sebuah informasi ke dalam komponen-komponen sedemikan
          hingga hirarki dan keterkaitan anta ride dalam informasi tersebut menjadi tampak dan jelas.
          Contoh : Jumlah siswa SMK A 1400 orang, terdiri dari jurusan akuntansi, bisnis
          manajemen, perkantoran dan broadcasting. Bila jurusan akuntasi 200 orang, bisnis
          manajemen 250 orang, perkantoran 450 orang dan sisanya broadcasting, maka
          persentase jumlah siswa jurusan broadcasting adalah ….

5.       Sintesis (Synthesis) , yang disebut C5
                        Kemampuan untuk mengkombinasikan elemen-elemen untuk membentuk sebuah struktur  yang unik dan system. Dalam matematika, sintesis melibatkan pengkombinasian dan
          pengorganisasian konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika untuk mengkreasikannya
          menjadi struktur matematika yang lain dan berbeda dari yang sebelumnya.
          Contoh : Memformulakan teorema-teorema matematika dan mengembangkan struktur-struktur matematika.
          Contoh : Manakah dari bilangan-bilangan berikut ini yang merupakan bilangan irrasional
          a. 2 c. 4 e. 2
          b. 0, 524389 d. 0,123123123

6.       Evaluasi (Evaluation), yang disebut C6
                        Kegiatan membuat penilaian berkenaan dengan nilai sebuah ide, kreasi, cara, atau metode. Evaluasi dapat memandu seseorang untuk mendapatkan pengetahuan baru, pemahaman yang lebih baik, penerapan baru dan cara baru yang unik dalam analisis atau sisntesis.

          Contoh : Jelaskan jenis-jenis himpunan bilangan asli beserta contohnya Keenam jenjang berpikir yang terdapat pada ranah kognitif menurut taksonomi Bloom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar